Hakikat dan Makna Sabar #2



Alhamdulillah kita masih bisa bertemu, semoga hati dan pikiran kita selalu ingat kepada Allah. Melanjutkan Hakikat dan MaknaSabar.
Abu ‘Ali ad-Daqqaq menyebutkan, batasan sabar adalah sikap tidak melawan takdir. Adapun jika seseorang memperlihatkan dirinya sedang dalam musibah dengan tidak bermaksud mengadu pada orang lain, ini bertentangan dengan sabar.

Dalam kisah Ayyub as, Allah swt berfirman,
Kami dapati dia (Ayyub) seorang yang sabar. (Shad [38]:44)
Sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit… (al-Anbiya’ [21]:83)
Berdasarkan batasan tersebut, dapat dikemukakan bahwa pengaduan itu ada dua macam. Pertama, pengaduan kepada Allah, dan ini tidak bertentangan dengan sabar, seperti kata Ya’qub as dalam firman-Nya,
Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dalam kesedihanku. (Yusuf [12]:86)
…maka kesabaran yang baik… (Yusuf [12]:83)
Ayyub as mengatakan dalam kitabullah, …sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit, dan allah menyebutnya sebagai orang yang sabar.
Sayyidus Shabirin, Rasulullah saw bersabda, Ya Allah, aku mengadu kepadamu atas ringkihnya kekuatanku dan terbatasnya kepintaranku, dan seterusnya.
Musa as berdoa, Ya Allah bagimu segala puji, Engkau-lah tempat mengadu, Engkau-lah tempat memohon pertolongan, Engkau-lah tempat memohon keselamatan, Engkau-lah tempat bersandar, tiada daya dan upaya selain dari-Mu.
Kedua, pengaduan yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya atau tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Perbuatan ini tidak sesuai denga sabar, bahkan berlawanan dan membatalkan arti sabar. Hal ini berbeda antara mengadukan Allah dan mengadu kepada-Nya kita akan membahas masalah ini pada topic Perbedaan antara sabar dan pengaduan, Insya Allah.
Pengertian lain dari sabar adalah keberanian jiwa. Dari bataasan ini dikatakan, bahwa keberanian adalah sabar dalam sesaat. Diartikan pula bahwa sabar adalah keteguhan jiwa saat guncangan pertama.

0 comments :

Post a Comment

Terima kasih atas tanggapan yang anda berikan
semoga blog ini menjadi lebih bermanfaat untuk kedepannya

Cancel Reply

Penyejuk Hati - Menggapai Cinta Ilahi